Monday, September 10, 2007

Losari yang berbenah



Tadi sore, aku mengunjungi Pantai Losari, suatu objek wisata yang sangat terkenal di daerah Makassar. Pantai Losari, menurut seorang peneliti dari Jepang, adalah pantai terbaik ketiga di dunia.
Beberapa tahun lalu, pantai Losari terkenal sebagai meja makan terpanjang di dunia. Ini dikarenakan tembok batas pinggiran pantai losari yang panjangnya lebih 1 km dijadikan meja oleh ratusan lapak-lapak pedagang kaki lima.
Saat itu, pantai Losari sangat kotor oleh sampah-sampah buangan pengunjung dan pedagang. Keindahan pantai losari juga terhalang oleh warung-warung tersebut. Matahari terbenam tidak nampak karenanya. Tapi lambat laun, pantai Losari semakin berbenah. Para pedagang dilokalisir di satu penjuru pantai, sehingga pantai Losari kian bersih. Tiap sore, pantai ini selalu didatangi puluhan masyarakat dan wisatawan untuk bersantai.
Baru-baru ini pantai Losari berbenah lagi. Kini sudah dibuatkan anjungan yang menjorok ke laut sebagai tempat santai. Tempatnya cukup luas dan indah. Di sana-sini dibangun tempat duduk batu yang cukup nyaman untuk menikmati indahnya matahari terbenam.
Semakin ke arah laut kita berjalan, kita akan mendapati semacam rakit dari plastik yang terikat di anjungan. Di sini para pengunjung bisa memancing ikan dan juga menyewa bebek-bebek air.
Sabtu itu, anjungan ini didatangi ratusan pengunjung untuk bersantai. Sungguh suatu tempat yang sangat bagus dan indah untuk dikunjungi kalau lagi berada di Makassar.

Amrizal, Makassar, 8 September 2007

Partner Link :

Diabetes Association


3 comments:

noertika said...

pantai ketiga terbaik di dunia? hehe2, itu pasti subyektif heheh...:)

btw, buat saya pantai losari skrg lebih baik dari yg dulu, saat masih kotor..
cuman sayang, resiko nya terlalu tinggi saat ada reklamasi tempo hari dimana skrg berdiri dgn gagahnya Tanjung Bunga dan GTC nya...
bisa2 ada efek alam yg coba bereaksi atas reklamasi itu...tp mudah2an tidak...

http://daengrusle.com

Jane said...

aduh, jadi pengen ke losari.. makan pisang epe, nyuknyang, coto, dll.. hehehe, maklum deh, sejak pindah ke jkt th 87, sampe skrg blm pernah 'pulang' ke mks lagi.. tau2, liat di TV, losari bagus bgt skrg.. kapan ya, bisa ke sana lagi? *daydreaming.modeON*

Anonymous said...

Nauczylem sie wiele